Beberapa kali Mimin yang Manis mendapat japrian dari sobat cuan bestie yang baru bergabung di Telegram Majelis Cuan. Pertanyaan yang sering muncul adalah menanyakan apa itu sinyal dan apa itu screening saham. Nah pada tulisan ini, Mimin yang Manis akan menjelaskan apa sih perbedaannya. Sekalian Mimin yang Manis menjelaskan tentang Analisa Saham.

Sinyal Saham

Sinyal saham seperti yang sudah dijelaskan pada laman ini https://trainingsaham.id/group-telegram-majelis-cuan/ adalah sinyal atau alert yang Mimin bagikan kepada sobat di group Telegram Majelis Cuan setiap jam trading pada pukul 9.00-9.15 atau sering juga hingga pukul 9.30. Sinyal atau alert ini berupa saham-saham yang diprediksi akan naik pada beberapa waktu kemudian.

Tapi sobat cuan bestie perlu waspada. Tak semua sinyal akan naik. Maka kita HARUS MENGANALISANYA terlebih dahulu sebelum membeli. Analisa yang bisa dilakukan adalah analisa chart dengan time frame pendek (5-15 menit) atau analisa dengan orderbook.

Sinyal Saham ini efektif untuk one day trading atau scalping. Meski tidak menutup kemungkinan untuk swing bahkan investing. Winrate dari Sinyal Saham ini rata-rata hanya 60% artinya dari 10 sinyal yang dikirimkan, yang kemungkinan akan naik hanya 6 sinyal saja.

Screening Saham

Screening saham sebenarnya sudah dijelaskan pada laman ini https://trainingsaham.id/2022/06/16/tentang-screening-saham/ dan perubahannya pada laman ini https://trainingsaham.id/2022/07/28/perubahan-kategori-screening-saham-per-27-juli-2022/. Screening saham terbaru dapat Sobat akses pada https://trainingsaham.id/category/screening-saham/.

Screening saham ini dilakukan berdasar EOD per tanggal transaksi. EOD udah tahu ya? Itu tuh End Of Day. Jadi setelah sesi 2 berakhir, kita nungguin data broker summary boleh dilihat oleh semua trader. Lalu dengan aplikasi Data Saham Indonesia atau StockBit, Mimin saring atau screening saham dengan berbagai kategori.

Sama halnya dengan sinyal saham, hasil screening saham WAJIB DIANALISA ya. Karena winrate screening saham selama mulai 80% artinya dari 10 saham yang masuk screening saham, hanya ada 8 yang berhasil naik.

Screening saham ini efektif untuk 2 minggu atau 10 hari trading berikutnya. Gampangnya swing pendek atau jangka menengah selama tidak terjadi patah trend. Tidak menutup kemungkinan untuk investing. Khusus investing dengan waktu efektif 3 bulan atau selama tidak patah trend, ada screening saham khusus untuk ini.

Analisa Saham

Analisa saham biasanya dilakukan setiap minggu. Diawali dari usulan sobat cuan bestie, setelah terkumpul, nanti tim Majelis Cuan akan memilih dan menganalisanya dan untuk disajikan pada laman ini https://trainingsaham.id/category/analisa-saham/ .

Dalam analisa saham kita akan menentukan Support and Resistance, Risk and Reward, Trading Plan. Sehingga sobat sudah bisa mengatur strategi terhadap saham yang di analisa berikut antisipasinya jika saham tersebut tidak berhasil naik.

Untuk winrate Analisa Saham adalah di atas 90% artinya dari 10 saham yang dianalisa, terdapat 9 saham yang berhasil naik.

Kesimpulan

Sinyal Saham dan Screening Saham adalah BAHAN BAKU. Analisa Saham adalah PROSES PENGOLAHAN. Lalu produknya apa? Produknya adalah STOCK PICK.

Nah perlu diketahui, Majelis Cuan tidak memberikan STOCK PICK atau REKOMENDASI SAHAM. Karena kami pingin banget Sobat Cuan Bestie memiliki kemampuan analisa saham yang bagus, bukan menerima umpan saja.


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *